Bertambah Usia Bersama Kereta Api Indonesia



72 tahun melangkah maju bersama KAI…

Kereta api, merupakan salah satu andalan transportasi darat yang sudah dikenal sejak lama. Harga yang dapat dijangkau seluruh kalangan membuat peminat bertambah setiap tahun nya. Transportasi darat bebas macet merupakan salah satu pilihan pemudik untuk menikmati perjalanan dengan kereta. 

Genap 72 tahun KAI melayani transportasi darat lintas provinsi di Indonesia, berbagai kemajuan dapat dirasakan oleh pengguna setia kereta dari masa ke masa. Teringat betul, 17 tahun yang lalu pengguna kereta masih merasakan “kasta” perkeretaan dalam kelas ekonomi dan eksekutif. Berbondong orang dapat dengan mudah masuk kereta tanpa tahu harus duduk dimana. Bayangkan untuk pengguna kereta api lintas provinsi yang menempuh perjalanan hingga 14 jam harus berdesakkan di kereta kelas ekonomi. 

Tanpa melupakan sejarah di masa lalu, KAI telah melakukan berbagai perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Kereta sebagai transportasi darat andalan yang terbebas dari kemacetan, selalu dipilih masyarakat yang datang dari berbagai kelas dan kalangan. Sebagai contoh perbaikan berupa fasilitas di dalam kereta yaitu dengan adanya AC di setiap gerbong pada kelas ekonomi dan eksekutif, tiket yang dijual pas dengan tempat duduk sehingga tidak ada penumpang berdiri dan tidur di lantai gerbong kereta, penertiban pedagang asongan dan pengamen serta banyak lagi perbaikan yang telah dilakukan pihak KAI untuk memajukan transportasi darat bebas macet ini.  

Perbaikan fasilitas tidak hanya dilakukan didalam gerbong kereta saja. Adanya pertumbuhan berupa kemajuan pesat pada teknologi berbasis aplikasi, menumbuhkan kemudahan pemesanan tiket bagi para pengguna kereta daripada harus jauh antre dan datang ke stasiun. Pemesanan tiket via online dapat mudah diakses dimana saja dan kapan saja sejak 90 hari sebelum hari keberangkatan. Uniknya pemesanan tiket online tidak hanya disediakan ekslusif 1 platform website travel, pembeli dapat memilih berbagai website menyediakan pemesanan tiket kereta. 

Berbagai macam penumpang dengan aneka tujuan memenuhi stasiun setiap hari. Sebagian besar dengan penumpang dengan tujuan jarak jauh perlu mendapatkan kenyamanan yang dilayani oleh PT KAI. Adanya fasilitas kenyamanan yang terjangkau dapat dirasakan dan dinikmati oleh penumpang kereta. Fasilitas kenyamanan perlu terus dikembangkan di masa depan, dimulai dari menunggu kereta. 

Tidak jarang pengguna yang menempuh jarak jauh harus menunggu berjam-jam di stasiun ditemani rasa bosan dan sering kali dibuat kesal (apalagi bila ditambah adanya keterlambatan kereta). Maka kenyamanan perlu dibangun mulai dari menunggu kereta tiba. Adanya ruang tunggu yang semilir dengan kursi yang memadai sehingga penumpang tidak berebutan pada musim mudik dan liburan. Ruang tunggu dapat dilengkapi TV yang menyiarkan tentang indahnya wisata di setiap kepulauan Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Ditambah adanya rak bacaan yang menyediakan aneka majalah dan koran yang dapat dibaca oleh setiap penumpang. Sudah ada tontonan TV, bacaan majalah, kurang lengkap rasanya bila tidak ada kudapan. Tambahan kudapan sebagai fasilitas cuma-cuma dapat dinikmati oleh setiap pengguna kereta. Kudapan yang disajikan berbeda dan menyesuaikan kekhasan setiap stasiun. Misalnya  suguhan kudapan khas Indonesia di stasiun Solo Balapan adalah serabi Solo, di stasiun Yogyakarta disediakan bakpia kacang hijau, lalu di stasiun Semarang Tawang pengunjung dapat menikmati wingko babat. Konsep suasana santai diruang tunggu juga lengkap dengan fasilitas Wifi yang dapat diakses setiap penumpang KAI. Setiap ruang tunggu di stasiun juga dilengkapi informasi mengenai informasi kedatangan kereta, bila ada keterlambatan dapat dengan mudah diketahui oleh setiap penumpang. 

Kereta yang telah dilengkapi dengan gerbong makan, dan adanya pramusaji yang menawarkan makanan berat, makanan ringan, minuman dan souvenir.  Aneka makanan berat ditawarkan dengan variasi menu kepada pengunjung, namun fasilitas ini kedepannya dapat dimodifikasi dengan adanya voucher makanan dan minuman yang bisa dinikmati pengunjung. Voucher ini mengusung konsep “train gift berupa bonus dengan membeli tiket kereta sejumlah nominal tertentu mendapatkan voucher gratis untuk dinikmati di gerbong KAI. 

Untuk setiap perjalanan jauh yang mengharuskan penumpang menginap di kereta maka perlu mendapatkan malam yang nyaman. Mengusung konsep “a cozy bedroom” merupakan konsep sederhana dalam menciptakan kenyamanan utamanya untuk penumpang jarak jauh. Cozy bedroom pada kereta dimulai dengan tersedianya bantal leher, selimut hingga penutup mata, selain itu penumpang dimanjakan dengan kursi yang bisa didesain hingga ditidurkan sehingga menambah kenyamanan dalam beristirahat. Selain itu temperatur AC kereta dapat diatur ketika sudah mulai larut malam hingga pagi. 

Perjalanan dengan kereta ditutup dengan ketibaan di stasiun tujuan. Tak jarang penumpang tiba pada waktu subuh. Saat tiba di stasiun subuh hari, penumpang akan disuguhi snack pagi berupa roti dan teh hangat untuk mencegah tidak masuk angin. Tentunya pengalaman menyenangkan akan terbangun mulai dari menunggu hingga tiba di tujuan dan membuat pengunjung dapat memilih perjalanan kembali menggunakan kereta. 

                Hari berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Sebaiknya waktu jangan terlewat begitu saja, harus ada perbaikan disetiap tahunnya. Selamat berkarya untuk menjadi lebih baik Kereta Api Indonesia ! Selamat ulang tahun :) 

Komentar

Postingan Populer