Bertambah Usia Bersama Kereta Api Indonesia
72 tahun melangkah maju bersama KAI…
Kereta api, merupakan salah satu
andalan transportasi darat yang sudah dikenal sejak lama. Harga yang dapat
dijangkau seluruh kalangan membuat peminat bertambah setiap tahun nya.
Transportasi darat bebas macet merupakan salah satu pilihan pemudik untuk menikmati
perjalanan dengan kereta.
Genap 72 tahun KAI melayani
transportasi darat lintas provinsi di Indonesia, berbagai kemajuan dapat
dirasakan oleh pengguna setia kereta dari masa ke masa. Teringat betul, 17
tahun yang lalu pengguna kereta masih merasakan “kasta” perkeretaan dalam kelas
ekonomi dan eksekutif. Berbondong orang dapat dengan mudah masuk kereta tanpa
tahu harus duduk dimana. Bayangkan untuk pengguna kereta api lintas provinsi
yang menempuh perjalanan hingga 14 jam harus berdesakkan di kereta kelas
ekonomi.
Tanpa melupakan sejarah di masa
lalu, KAI telah melakukan berbagai perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan
keamanan dan kenyamanan pengguna. Kereta sebagai transportasi darat andalan
yang terbebas dari kemacetan, selalu dipilih masyarakat yang datang dari
berbagai kelas dan kalangan. Sebagai contoh perbaikan berupa fasilitas di dalam
kereta yaitu dengan adanya AC di setiap gerbong pada kelas ekonomi dan
eksekutif, tiket yang dijual pas dengan tempat duduk sehingga tidak ada
penumpang berdiri dan tidur di lantai gerbong kereta, penertiban pedagang
asongan dan pengamen serta banyak lagi perbaikan yang telah dilakukan pihak KAI
untuk memajukan transportasi darat bebas macet ini.
Perbaikan fasilitas tidak hanya
dilakukan didalam gerbong kereta saja. Adanya pertumbuhan berupa kemajuan pesat
pada teknologi berbasis aplikasi, menumbuhkan kemudahan pemesanan tiket bagi
para pengguna kereta daripada harus jauh antre dan datang ke stasiun. Pemesanan
tiket via online dapat mudah diakses dimana saja dan kapan saja sejak 90 hari
sebelum hari keberangkatan. Uniknya pemesanan tiket online tidak hanya
disediakan ekslusif 1 platform website travel, pembeli dapat memilih berbagai
website menyediakan pemesanan tiket kereta.
Berbagai macam penumpang dengan
aneka tujuan memenuhi stasiun setiap hari. Sebagian besar dengan penumpang
dengan tujuan jarak jauh perlu mendapatkan kenyamanan yang dilayani oleh PT
KAI. Adanya fasilitas kenyamanan yang terjangkau dapat dirasakan dan dinikmati
oleh penumpang kereta. Fasilitas kenyamanan perlu terus dikembangkan di masa
depan, dimulai dari menunggu kereta.
Tidak jarang pengguna yang
menempuh jarak jauh harus menunggu berjam-jam di stasiun ditemani rasa bosan
dan sering kali dibuat kesal (apalagi bila ditambah adanya keterlambatan
kereta). Maka kenyamanan perlu dibangun mulai dari menunggu kereta tiba. Adanya
ruang tunggu yang semilir dengan kursi yang memadai sehingga penumpang tidak
berebutan pada musim mudik dan liburan. Ruang tunggu dapat dilengkapi TV yang
menyiarkan tentang indahnya wisata di setiap kepulauan Indonesia mulai dari
Sabang hingga Merauke. Ditambah adanya rak bacaan yang menyediakan aneka
majalah dan koran yang dapat dibaca oleh setiap penumpang. Sudah ada tontonan
TV, bacaan majalah, kurang lengkap rasanya bila tidak ada kudapan. Tambahan
kudapan sebagai fasilitas cuma-cuma dapat dinikmati oleh setiap pengguna
kereta. Kudapan yang disajikan berbeda dan menyesuaikan kekhasan setiap
stasiun. Misalnya suguhan kudapan khas
Indonesia di stasiun Solo Balapan adalah serabi Solo, di stasiun Yogyakarta
disediakan bakpia kacang hijau, lalu di stasiun Semarang Tawang pengunjung
dapat menikmati wingko babat. Konsep suasana santai diruang tunggu juga lengkap
dengan fasilitas Wifi yang dapat diakses setiap penumpang KAI. Setiap ruang
tunggu di stasiun juga dilengkapi informasi mengenai informasi kedatangan
kereta, bila ada keterlambatan dapat dengan mudah diketahui oleh setiap
penumpang.
Kereta yang telah dilengkapi
dengan gerbong makan, dan adanya pramusaji yang menawarkan makanan berat,
makanan ringan, minuman dan souvenir.
Aneka makanan berat ditawarkan dengan variasi menu kepada pengunjung,
namun fasilitas ini kedepannya dapat dimodifikasi dengan adanya voucher makanan
dan minuman yang bisa dinikmati pengunjung. Voucher ini mengusung konsep “train gift” berupa bonus dengan membeli tiket kereta
sejumlah nominal tertentu mendapatkan voucher gratis untuk dinikmati di gerbong
KAI.
Untuk setiap perjalanan jauh yang
mengharuskan penumpang menginap di kereta maka perlu mendapatkan malam yang
nyaman. Mengusung konsep “a cozy bedroom”
merupakan konsep sederhana dalam menciptakan kenyamanan utamanya untuk
penumpang jarak jauh. Cozy bedroom
pada kereta dimulai dengan tersedianya bantal leher, selimut hingga penutup
mata, selain itu penumpang dimanjakan dengan kursi yang bisa didesain hingga
ditidurkan sehingga menambah kenyamanan dalam beristirahat. Selain itu
temperatur AC kereta dapat diatur ketika sudah mulai larut malam hingga pagi.
Perjalanan dengan kereta ditutup
dengan ketibaan di stasiun tujuan. Tak jarang penumpang tiba pada waktu subuh. Saat
tiba di stasiun subuh hari, penumpang akan disuguhi snack pagi berupa roti dan
teh hangat untuk mencegah tidak masuk angin. Tentunya pengalaman menyenangkan
akan terbangun mulai dari menunggu hingga tiba di tujuan dan membuat pengunjung
dapat memilih perjalanan kembali menggunakan kereta.
Hari
berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Sebaiknya waktu
jangan terlewat begitu saja, harus ada perbaikan disetiap tahunnya. Selamat
berkarya untuk menjadi lebih baik Kereta Api Indonesia ! Selamat ulang tahun :)
Komentar
Posting Komentar